Friday, March 31, 2017

Bahaya Free Wi-Fi Publik yang Wajib Kalian Ketahui

Bahaya Free Wi-Fi Publik yang Wajib Kalian Ketahui

Kalian pasti sering menggunakan koneksi Wifi Gratis, baik disekolah, warnet, atau cafe tempat kalian nongkrong, tapi apakah kalian tahu, bahwa dengan menggunakan WiFi publik dan biasanya gratis ini memiliki resiko yang tidak main-main (bahaya)?

Bahaya Free Wi-Fi Publik yang Wajib Kalian Ketahui
Ini benar, dan Bukan Hoax, jadi kalian wajib tahu, bahwa koneksi WIFI publik adalah koneksi yang tidak aman bagi data pribadi kalian, dari orang yang bisa saja mengintip apa yang sedang kalian buka (dengan perangkat/device). sampai dengan data kalian yang bisa saja dicuri oleh orang lain. berikut ini Bahaya Free Wi-Fi Publik yang Wajib Kalian Ketahui


1. Orang bisa mengintip apa yang kalian buka pada layar komputer

Yang pertama, bahaya yang bisa kalian alami adalah kalian bisa dimata-matai, diawasi, diperhatikan, oleh orang lain. bayangkan saja apa yang bisa didapatkan oleh orang tersebut ketika kita saat diawasi sedang membuka file file yang bersifat pribadi, atau bersifat rahasia, tentu akan sangat berbahaya bukan.

Dan perlu kalian ketahui juga, tidak perlu menjadi Ha*k*r hebat untuk melakukan hal ini, karena orang dengan tools yang tepat saja (tanpa pengetahuan bahasa komputer) bisa menerapkanya. jadi hampir siapa saja bisa dan berkemungkinan mengawasi dan mengintip aktifitas kalian saat tersambung dengan Free Wi-Fi publik tersebut.

2. Data kalian bisa saja dicuri atau diubah

Dengan melakukan hubungan (menghubungkan) jaringan Free Wifi publik ini seperti halnya kalian membuka pintu dan gerbang rumah kalian pada orang lain. jadi bisa saja orang tersebut masuk dan mengambil atau mengganti barang dirumah kalian.

Selain orang bisa mengintip apa yang kalian lakukan pada saat itu (terkoneksi dengan Free Wifi Publik) data juga sangat rentan dicuri atau diubah, dan hal ini juga sama-sama mudahnya dengan pengintip tersebut. bisa kalian bayangkan, foto, video, atau data-data pribadi kalian dicuri orang yang tidak bertanggung jawab, kemudian disebar luaskan, atau dirubah isinya untuk kepentingan menjatuhkan kalian? hal ini akan menjadi bencana besar buat kalian bukan.. oleh sebab itu perlu sangat berhati-hati jika ingin mengkoneksikan perangkat pada Free Wi-Fi publik.

3. Bisa terkena Virus dan Spyware

Ketiga, Perangkat kalian bisa terkena serangan Virus dan Spyware. Jika kalian masih berdalih "tidak apa-apa, toh koneknya cuma sebentar, tidak mungkin sampai dimata-matai, toh tidak buka halaman aneh-aneh, atau punya file pribadi tertentu yang jika tersebar luas bisa bahaya"

Jangan salah, walaupun kalian cuma konek beberapa detik saja, sangat mungkin untuk menginjeksi komputer kalian dengan virus, atau yang lebih parah adalah spyware. dengan virus yang masuk dan menginfeksi perangkat komputer atau device kalian, walaupun nantinya kalian sudah diconected dari jaringan tersebut, tetap akan menyebabkan kerusakan pada perangkat atau data kalian. begitu pula jika terinfeksi spyware, walaupun sudah disconec, software mata-mata (spy) akan terus merekam aktifitas kalian seterusnya dan mengirim data tersebut ke pembuat spyware tersebut.

Disini saya bukanya menakuti tapi hanya ingin memberikan peringatan buat kalian agar lebih berhati-hati dengan koneksi gratis publik. walaupun tentu, tidak semua koneksi tersebut bahaya.

Namun jika kalian memang harus, dan terpaksa menggunakan Free Wifi Publik, mungkin ada baiknya membaca dan mengikuti tips singkat berikut ini

Tips Cara Aman Menggunakan Free Wi-fi publik

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kalian terapkan agar bisa lebih aman menggunakan Free Wi-Fi Publik, dan menghindari pencurian data.
  1. Pastikan Nama Free Wi-Fi tersebut benar : Maksudnya bagaimana? maksudnya adalah kalian harus pastikan free wifi tersebut memang disediakan oleh pemilik tempat cafe tersebut misal, karena biasanya ha*k*r akan  membuat nama Free Wi-fi palsu yang mencatut tempat restoran, cafe atau tempat publik lainya untuk menipu orang menyambungkan perangkatnya pada koneksi tersebut.
  2. Pastikan tidak ada "Shared Folder" atau "Sahred Partisi" pada komputer atau perangkat yang sedang kalian gunakan untuk terkoneksi dengan jaringan Free Wi-Fi publik tersebut,
  3. Biasakan Menggunakan Incognito mode pada Browser yang kalian gunakan untuk browsing, mode ini akan membuat penjelajahan (internet) kalian menjadi anonim.
  4. Anivirus Mumpuni : Kalian juga wajib memastikan antivirus yang terpasang pada komputer, atau perangkat yang kalian gunakan sudah terupdate dan paling bagus untuk melindungi komputer kalian dari serangan virus maupun spyware
  5. Jika antvirus mendeteksi ancaman segera puus koneksi kalian : dan yang terakhir adalah selau siap-siap, jika sudah merasa ada yang gak beres dengan koneksi kalian atau antivirus kalian, maka sebaiknya segera memutus koneksi kalian pada free wifi tersebut.
Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat, dan selalu waspada dunia cyber bisa jauh lebih berbahaya. 

BUKA UNTUK KOMENTAR