Selasa, 28 Februari 2017

Perbedaan Software Driver dan Firmware

Perbedaan Software Driver dan Firmware

Baru-baru ini saya sering dimintai tolong oleh temen untuk masalah labtop mereka, sayangnya saya hanya bisa bantu dengan memberikan tutor melewati chating saja, dalam penjelasan saya saya rering menggunakan istilah Software Driver dan Firmware, awalnya sih iya- iya- iya saja, hehe tpi ujung-ujungnya mereka bilang, "aku gak paham apa sih bedanya Software Driver dan Firmware"

Perbedaan Software Driver dan Firmware
Lucu memang, setelah saya ngetik njelasin capek-capek ngetik, karena alasan inilah saya membuat artikel khusus untuk mereka yang tidak tahu apa sih Perbedaan Software Driver dan Firmware.

Sekarang mari kita kupas satu persatu,

Perbedaan Software Driver dan Firmware, yang pertama adalah SOFTWARE

[post_ads]Software, mungkin jika bahasa indonesia secara harfiahnya adalah perangkat lunak, software sendiri memiliki cakupan yang sangat luas, semua perangkat, yang tidak memiliki bentuk fisik (hardware) bisa disebut dengan software misalkan, Google Chrome, adalah software, Microsoft Office, adalah software, walaupun memiliki fungsi kegunaan yang berbeda, mereka adalah software.

Software seperti yang saya katakan tadi, memiliki cakupan yang sangat luas, jika kalian sudah memahami aplikasi, yang walau fungsinya berbeda, mereka tetap masuk dalam kategori software, sekarang mari kita lihat pendapat kalian tentang Windows (OS), Linux (OS), Android (OS), Kemudian, Realtek HD Audio manager(Driver), Intel Graphics Media Control (Driver) BIOS (Frimware), UEFI (Frimware), apakah mereka adalah software ?

Jawabanya adalah YA, mereka juga termasuk Software atau perangkat lunak, karena mereka tidak memiliki wujud fisik, oleh karenanya mereka juga bisa disebut software.

Perbedaan Software Driver dan Firmware, yang kedua adalah DRIVER

Selanjutnya adalah Driver, banyak orang bingung dengan fungsi dari driver ini. Driver, sendiri adalah Software dengan fungsi sebagai bridge atau jembatan antara Hardware dengan Operatining System (OS). yang saya maksud dari penjembatan disini adalah bagaimana Driver akan menerjemahkan input dan output antara Hardware ke software dan sebaliknya agar Compatible.

Misalkan jika kalian menggunakan Hardware VGA (Video Graphics Array) pada labtop kalian maka kalian wajib untuk menginstall driver Intel Graphics Media Control atau yang sebagainya agar bisa Compatible dengan OS kalian dan bisa berfungsi dengan baik.

Perbedaan Software Driver dan Firmware, yang ketiga adalah FIRMWARE

Dan yang terakhir disini adalah Firmware, Firmware adalah Software atau Program solid yang ada pada Device atau perangkat (Komputer, labtop, Smartphone, Remote dll), yang saya maksud dari solid disini adalah program tetap, utama, atau core dalam suatu perangkat, 
[post_ads_2]
Fungsi dari Firmware adalah sebagai program inti yang suatu device, berbeda dengan OS, Firmware labih bersifat sebagai inti dari perangkat keras, dan biasanya sudah tertanam sejak awal, walau begitu firmware bisa diganti.

Jika kalian masih sulit membedakan Firmware dan OS, maka yang perlu kalian lakukan adalah dengan menanamkan ke otak kita Firmware sudah pasti ada dalam semua perangkat elektronik yang memiliki arus data misalkan saja selain Smartphone dan Komputer, adalah Televisi, Remote, MP3 Player. dll. sedang OS adalah Perangkat Lunak atau Software hanya untuk perangkat dengan aplikasi lain yang tertanam.

Kesimpulan Perbedaan Software Driver dan Firmware

Kesimpulanya, Software adalah perangkat lunak, artinya semua non perangkat keras, Driver dan Firmware adalah perangkat lunak juga, Driver adalah perangkat lunak penghubung Hardware dengan Opratioing System (OS) Sedangkan Firmware adalah Perangkat lunak yang ada dalam semua perangkat elektronik sebagai core atau inti, berbeda dengan OS, Firmware lebih bersifat sebagai penyampai arus data saja.

Terimakasih sudah membaca, semoga bisa membantu pencerahan kalian, terutama untuk teman-teman saya yang kemarin bingung dengan Perbedaan Software Driver dan Firmware. well silahkan tinggalkan komentar kalian dibawah, positif atau negatif tidak masalah.

BUKA UNTUK KOMENTAR