Wednesday, February 22, 2017

Pengalaman Postingan Terhapus di Blogger dan Tidak Bisa Recover

Pengalaman Postingan Terhapus di Blogger dan Tidak Bisa Recover

OMG..!! barusan bener-bener dibuat kesal, salah satu postingan saya yang berjudul Paranormal Experience ; Sendiri tapi tidak sendirian terhapus tanpa sengaja. mungkin jika ini adalah blog wordpress self-host tentu tidak akan jadi masalah, tapi postingan ini di platform blogger, dimana tidak ada fitur untuk recovery.

Pengalaman Postingan Terhapus di Blogger dan Tidak Bisa Recover

Ini berawal saya tanpa sengaja menandai (centang) artikel yang terhapus diatas, setelah itu saya sedang dibuat sibuk dengan membalas sms, eh setelah tangan saya kembali menyentuh touch pad terlanjur klik hapus, dan sialnya, saat ada confirmasi saya klik OK :D benar-benar butuh aqua *sorry ralat air mineral, bukan barang endorse.

Jeng jeng, setelah artikel sudah raib, panik luar biasa pun melanda, seperti gejolak cinta pada pandangan pertama, detang bagai badai yang tak terduga, dan begitulah!

Langsung saja search "cara mengembalikan postingan yang terhapus di blogger", wah ternyata ada banyak, masih bisa diselamatkan kayaknya,

Setelah saya kunjungi semua artikel terasa rasa tempe kupas, satu sama lain asinya sama, yaitu dengan menggunakan trik (ngakali), karena memang tidak ada tool resmi dari blogger untuk memungkinkan mengembalikan artikel yang sudah terhapus.

Trik ini menggunakan, chace internet, mungkin lebih tepatnya chace dari google search, dengan metode ini jika artikel sudah terindex google dan sudah pernah dikunjungi, maka akan ada panel kunjungi link dengan chace pada menu pilihan drop down link.

Namun....

Sayangnya artikel yang terhapus ini masih sangat baru dan belum terindex google., lantas bagaimana sekarang, tentu saja saya tidak bisa mengakses chace yang memang tidak tersimpan di google chache.

Dan yah, setelah seach- lagi dan lagi, nemu tempe kupas lagi dan lagi, akhirnya nemu yang baru, namun yang baru ini membawa kekecewaan yang sepertinya sudah sempat terfikirkan oleh pikiran "positif" saya yang masih berharap artikel ini dapat terselamatkan, jika sudah terhapus dan belum terindex, maka silahkan ucapkan salam perpisahan terakhir untuknya.

Untuk Pengembang Blogger ; Please add trash to blogger!! 

Mungkin inilah satu-satunya fitur yang sangat penting dan tidak ada pada blogger sekarang, Trash atau tempat sampah, dimana file  artikel atau halaman yang dihapus baik disengaja atau tidak akan disimpan sementara disitu, dan dapat dikembalikan sewaktu-waktu dalam interfal waktu yang ditentukan oleh pengembang.

Jadi saya mohon pengembang, please! tambahkan fitur trash di blogger, this is very important feature!

bagaimana guys? ada gak dari kalian yang mengalami kejadian "horor" seperti saya? jika iya ada gak solus untuk kasus saya? please tulis di kolom komentar ya! thanks, always be simple person.

BUKA UNTUK KOMENTAR