Rabu, 22 Februari 2017

Mengenal Google Trends

Mengenal Google Trends

Biasanya, apa yang sedang hangat diperbicangkan sekarang, adalah melalui tranding topik yang di ambil dari hastag (#) salah satu media sosial poluler twitter, tapi apakah kalian tahu, mbah google juga punya, maaf ralat bukan mbah, tapi dek google 19 tahun.



Tranding topik milik google ini dinamai Google Trends, dimana data diambil dari pencarian dengan keyword terbanyak yang pada kurun waktu tertentu. bahkan menurut saya Google Trends mungkin saja lebih akurat jika melihat dari pengambilan datanya, dan tidak terfokus pada pengguna jejaring sosial tertentu saja, Sumber data ini pun dari semua kalangan, maksud saya adalah baik pengguna twitter, facebook, instagram, semua atau salah satunya, lebih global lagi adalah pengguna internet.

Jika kalian yang kebetulan belum tahu silahkan coba melihatnya


Sebenarnya Google Trends sendiri sudah sangat lama ada, hanya memang kurang begitu populer di indonesia khususnya, bahkan anak-anak telat teknologi akan mengangap tranding topik twitter adalah sistem pengukur trend yang refolusioner dan keren, padahal jauh sebelumnya Google Sudah mempunyai fitur ini.

Sejarah Google Trends

Google Trends sendiri resminya sudah diluncurkan pada tahun 2001 silam, artinya 3 tahun setelah google diluncurkan, hanya saja pada waktu itu namanya belum Google Trends, melainkan Google Zeitgeits. jika sekarang adalah 2017 maka Google trends sudah ada 16 tahun lamanya, dan banyak orang tidak tahu akan hal ini.

Mungkin ini adalah salah satu rahasia yang sebenarnya bukan rahasia para master SEO senior yang dulu dengan hebatnya bisa tahu apa yang sedang banyak dicari kemudian membuat artikel secara tepat, dan membuat artikelnya melejit menempati peringkat teratas pada SERP Google. :D maybe.

Apa guna Google Trends?

Google Trends memiliki banyak kegunaan, dan sangat bermanfaat terutama bagi penulis konten dan kalian yang bergerak dibidang analistik.

Google Trends untuk penulis konten, disini penulis konten yang saya maksud adalah orang yang menulis dan membuat konten di internet, blogger, pembuat website, editor, bahkan sampai youtuber, semuanya yang memerlukan pengetahuan tentang Search Engine Optmization, Google Trend dapat membantu mengetahui kata kunci yang sedang populer, serta data rinci dari keyword tersebut, sehingga penulis konten, atau pembuat konten dapat menentukan tema, atau judul konten tersebut agar lebih banyak kemungkinan mendapatkan trafik pengunjung.

Google Trends untuk para analist, selanjutnya adalah google trends akan sangat berguna bagi kalian yang bekerja dibidang analistik, karena data dari google trends bisa menjadi acuan yang sangat akurat dan valid sebagai dasar research project yang ditangani, tanpa perlu melakukan riset langsung ke sumber, apa lagi jika data yang anda butuhkan bersifat sangat banyak dan global seluruh dunia misal, maka Google Trends adalah tools yang sangat amat bisa membantu.

Sebenarnya ada banyak lagi lainya fungsi dari google trends, namun mungkin cukup itu saja yang saya sapaikan,kalau berguna syukur kalau enggak gak masalah, toh saya ngomong sendiri ini :D. always be simple.

BUKA UNTUK KOMENTAR