Jumat, 24 Februari 2017

Heboh Penemuan Exoplanet, Planet yang mirip bumi

Heboh Penemuan Exoplanet, Planet yang mirip bumi

Heboh Penemuan Exoplanet, Planet yang mirip bumi
Google Trends du hari ini, sejak kemarin pencarian dengan keyword "Penemuan Exoplanet" menjadi pencarian terbanyak dan menjadi tranding topik google search, karena penasaran, saya akhirnya coba mencari tahu.

Kira-kira begini inti dari yang saya dapat, National Aeronautics and Space Administration atau NASA kemarin, tepatnya pada tanggal 23 Februari 2017 secara resmi, mengumumkan kepada publik bahwa mereka akhirnya menemukan tujuh planet seukuran Bumi yang tersusun di sekitar bintang tunggal. Tiga dari planet tersebut berada di zona yang layak huni. hanya saja letaknya berada diluar dari tata surya kita yang biasa disebud dengan exoplanet.

Disebutkan oleh NASA 3 dari 7 planet tersebut menempati zona yang layak huni, dan sangat mirip dengan zona budi di sistem tata surya kita, oleh karena itu kemungkinan cukup tinggi juga si planet-planet itu terdapat air, yang merupakan unsur utama kehidupan,

Disebutkan juga jarak dari planet-planet tersebut adalah 40 tahun cahaya, yang artinya dalam kecepatan cahaya kalian butuh 40 tahun untuk sampai disana, jangan tanyakan apakah itu jauh atau tidak.
Heboh Penemuan Exoplanet, Planet yang mirip bumi
sumber: https://www.nasa.gov Credits: NASA-JPL/Caltech

Opini Saya tentang Penemuan Exoplanet baru ini

Bukan suatu yang mengejutkan, jika akhirnya NASA menemukan planet baru yang mirip dengan bumi, dengan jutaan, bahkan triliunan, dan mungkin saja tak terhingga, tebaran planet dan galaksi,menjadi bodoh jika kita menganggap bumi adalah satu-satunya planet yang dihuni oleh makhluk hidup. saya tidak bilang manusia lain, karena manusia hanya ada dibumi, (jika kalian menyanggah pernyataan saya dengan buku agama).

Jadi, sekarang masalahnya bukanlah apakah planet yang ditemukan oleh nasa itu benar-benar ada unsur kehidupan dan layak huni tapi bagaimana kita kesana?

Seperti yang juga telah disebutkan, jarak antara tata surya kita dengan bintang yang satu ini adalah 40 tahun cahaya, walau fakta lain menunjukan jarak ini adalah termasuk yang paling dekat, diantara semua bintang di galaksi Bima Sakti. tapi tetap saja bagaimana kita kesana? ini adalah pertanyaan sesungguhnya bagi saya.

Sekarang jika 40 tahun cahaya ini berarti 235 triliun mil berati 378.195.840.000.000 km, dan jika keliling bumi adalah 40.075 km maka kalian perlu 9.437.201.248 kali mengelilingi bumi untuk sampai disana.

Yah, tidak bisa disangkal, Penemuan Exoplanet ini merupakan penemuan terbesar tahun ini, mungkin salah satu di dekade ini, yang akhirnya menjawab kepada para anti-teori "bumi bukan satu-satunya" dengan fakta, bukan lagi dengan sebuah uraian teori logika.

BUKA UNTUK KOMENTAR