Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review KOE NO KATACHI (2016)

Bagi kalian penggemar anime pasti akan tahu dengan anime movie yang akan saya review kali ini, yup Koe No Katachi atau A Silent Voice (2016) sebuah anime yang sebenarnya dijepang sana sudah dirilis akhir tahun 2016 kemarin, hanya saja diluar negeri termasuk di indonesia pada tanggal 3 May 2017, banyak sekali komunitas anime yang repot-repot membuat event khusus untuk nonton bareng anime movie Koe No Katachi ini, karena di kalangan pecinta anime sudah hampir semua tahu kulitasnya.
Review KOE NO KATACHI (2016)

Baiklah, mari kita mulai, Koe No Katachi atau dalam judul Internasionalnya adalah A Silent Voice adalah sebuah anime movie yang diadaptasi dari manga yang juga berjudul sama "Koe No Katachi" yag ditulis oleh mangaka Yoshitoki Ōima.

Ceritanya berpusat pada Shouya Ishida, yang ingin melakukan penebusan dosa kepada seorang gadis bisu yang pada saat SMP dia Bully, ketika SMP Shouya adalah anak yang sangat nakal,mungkin bisa lebih dari itu, ketika itu dia melakukan bully kepada Shouko Nishimiya hingga sampai Nishimiya keluar dari sekolah. karena hal ini Shouya akhirnya disalahkan oleh seua orang, semua teman-temanya, karena dirinya lah yang menyebabkan gadis malang itu sampai pindah sekolah. hingga pada saat SMA takdir mempertemukan Shouya dan Shouko Nishimiya kembali. dan disinilah kisah dimulai.

Disini saya akan membuat spoiler, yang mungkin saja akan merusak atmosfir kalian dalm menontonya, karena menurut saya koe katachi sangat rentan hal itu. dan buat kalian yang belum membaca manganya saya sangat sarankan untuk TIDAK membacanya terlebih dahulu tapi menikmati filmnya dulu.. :)

Koe No Katachi, menurut saya adalah salah satu anime Romance Slice Of Life terbaik sejauh ini, kualitas mengaduk emosinya mengingatkan saya pada anime moview garapan studio gibli "Wolf Children" bedanya adalah kita lebih disuguhi realita kehidupan di Koe No Katachi,

Sangat mudah untuk langsung terbawa alur ceritanya, sang sutradara (Naoko Yamada) benar-benar bisa memaksimalkan cerita yang sebenaranya sudah luarbiasa menjadi lebih baik lagi, Koe No Katachi berhasil membuat ceritanya seperti mahnet besar, menarik para penonton untuk tetap fokus dan jatuh dalam cerita, bahkan hal ini bisa kalian temukan pada scene-scene pembuka.

Mungkin inilah bedanya, ketika cerita yang diambil dari sebuah manga, kemudian dijadikan animasi, visualisasi ekspresi, dan semua tetek mbengeknya bisa dimaksimalkan untuk membuat penonton kian teerhanyut dalam kisahnya, penyampaian emosinya, dibalut dengan nada-nada theme song yang sangat pas, saya yakin walaupun kalian yang mungkin saja bukan pecinta anime, kalian tetap masih akan sangat menukai Koe No Katachi.

Mari kita sekarang berali dari kuatnya cerita, serta eksekusi penyampaian sang sutradara yang sangat memuaskan ke apa yang didapat dari anime ini.

Jika kalian sebelumnya sudah mononton Movie anime Kimi no na wa (2016) kalian mungkin akan membanding-bandingkan denganya, yah memang tidak bisa disalahkan, Kimi no na wa memang yang terbaik, tapi bukan berarti Koe No Katachi kalah darinya, Koe No Katachi malah menurut saya lebih mempresentasikan hal yang nyata, bukanlah sebuah fantasi cinta yang tidak normal, memang bukan ciri khas anime jepang dengan segudang "fantasinya tapi justru inilah senjata Koe No Katachi, kalian akan mendapatakan sesuatu yang lebih dari sekedar romansa belaka, kalain akan mendapatkan pembelajaran.

Bicara kekurangan dari Koe No katachi, mungkin saja ini tidak layak disebut kelemahan, karena memang hampir semua anime jepang memiliki masalah yang sama. soal karakter, soal karakter darianime jepang yang krisi originalitas, saya tidak mempermasalahkan Shouya Ishida yang menurut saya sudah lepas dari pakem main karakter main karakter cowok anime romance, namun pada Shouko Nishimiya di film terasa sangat tipis, entah kenapa saya melihat salah satu karakter cewe anime lain (ninja-ninjanan) disana hanya saja pada Koe No Katachi dibuat bisu. walaupun secara garis besar tidak menjadi masalah juga sih, main karakter cowok dan heroine kemistrinya sangat pas, tidak keluar dari apa yang ada pada komik aslinya.

Baiklah mungkin langsung saja yah pada kesimpulanya, Koe No Katachi adalah salah satau anime Rmace Slice Of Life terbaik hingga saat ini, dengan originalitas cerita yang tinggi tidak kalah dengan Kimi No Nawa, bahkan menurut pendapat pribadi saya, Koe No Katachi lebih baik jika dilihat dari representasi kehidupan sekarang, bukan melulu soal fantasi berlebihanya saja.

[message]
Penilaian Akhir Saya
KOE NO KATACHI (2016) 
Judul : KOE NO KATACHI (2016)
Rilis : 2017-05-03
Sutradara : Naoko Yamada
IMDB : http://www.imdb.com/title/tt5323662/
Diulas oleh : Ichiro Fahmi
Lainya : http://bit.ly/2mnlCtp
Rating : 8.6 dari 10
Tanggal diulas : 2017-05-04
Deskripsi : Salah satu Anime Movie Romace Slice Of Life terbaik hingga kini, Koe No Katachi mambu menarik penontonya masuk dalam cerita, ikut merasakan emosi yang ada.
Image Source: http://www.imdb.com/title/tt5323662/mediaviewer/rm1612844800, http://www.imdb.com/title/tt5323662/mediaviewer/rm1015224064
Rosyadi
Rosyadi Saya adalah pria biasa yang suka sekali bernafas, makan dan minum juga suka. 😁

3 komentar untuk "Review KOE NO KATACHI (2016)"

  1. Koe No Katachi Namanya keren banget ya gan :D hehe...

    BalasHapus
  2. Apa yg di ceritain gan?? Saya masih bingun plot cerita nya ... Yg salah siapa yg bersalah siapa .... Kaga bisa terjawab sama postingan agan ...maaf gan belum bisa ngasih saya jawaban atas penasaran saya ....

    BalasHapus